Namun, sebelum mengikuti langkah di bawah ini, pastikan perangkat Anda adalah perangkat yang didukung Google dan tidak dalam keadaan ROOT atau menggunakan custom ROM.
Jika perangkat (handphone) Anda termasuk perangkat yang tidak didukung Google atau dalam keadaan ROOT, kami menyarankan Anda menghubungi service center resmi terdekat atau manufaktur pembuat perangkat tersebut agar dapat dibantu dengan lebih baik.
BERIKUT ADALAH 8 TIPS MENGATASI APLIKASI PLAYSTORE EROR
1. Pastikan Anda dapat mengakses akun Google Anda dari komputer
Buka https://play.google.com/store dari komputer
Masuk ke akun Google yang sama dengan di perangkat Anda (kanan atas)
Setelah berhasil masuk, buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
2. Pastikan perangkat Anda sudah menggunakan sistem operasi versi terbaru yang tersedia
Buka Setelan (roda gerigi) > Tentang ponsel > Pembaruan sistem > Periksa apakah ada pembaruan
Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
3. Hidupkan ulang perangkat
Tekan dan tahan tombol daya / Power
Pilih “Matikan daya”
Tunggu beberapa saat, kemudian tekan dan tahan tombol daya untuk menyalakan perangkat
Buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
4. Periksa tanggal dan waktu
Buka Setelan (roda gerigi) > Tanggal & waktu
Pastikan Tanggal & waktu otomatis telah diaktifkan
Buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
5. Periksa koneksi internet pada perangkat Anda
Jika menggunakan koneksi data, pastikan APN dari operator SIM Anda sudah benar
Coba periksa dengan menggunakan WiFi dan cek apakah Play Store dapat diakses dengan normal
Jika Play Store hanya dapat diakses dengan menggunakan WiFi, coba ganti dengan kartu SIM dari operator lain. Jika masalah teratasi, maka masalah ada pada jaringan SIM tersebut. Pastikan sinyal dari kartu SIM tersebut kuat dan stabil dengan mencoba untuk browsing internet.
Jika Play Store hanya dapat diakses dengan menggunakan data seluler, coba sambungkan dengan WiFi dari modem atau ruter lain dan cek apakah Play Store dapat diakses dengan normal. Jika masalah teratasi, maka masalah ada pada modem tersebut dan cobalah untuk restart kembali modemnya.
Buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
6. Hapus cache dan data dari Play Store, Pengelola unduhan / Download manager, dan Layanan Google Play / Google Play Services
Buka Setelan (roda gerigi) > Aplikasi > Semua
Cari dan buka aplikasi Google Play Store > Hapus data > Paksa berhenti
Cari dan buka aplikasi Pengelola unduhan / Download Manager > Hapus data > Paksa berhenti
Cari dan buka aplikasi Layanan Google Play / Google Play Services > Hapus cache
Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
7. Hapus dan tambahkan kembali akun Google di perangkat Anda
Buka Setelan (roda gerigi) > Akun > Google
Sentuh akun yang terkoneksi dengan Play Store > Menu (3 titik di kanan atas) > Hapus akun > Hapus akun
Setelah menghapus akun, buka kembali Setelan(roda gerigi) > Akun > + Tambahkan akun > Google
Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store
Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi
8. Hapus dan update kembali aplikasi Play Store
Buka Setelan (roda gerigi) > Aplikasi > Semua
Cari dan buka aplikasi Google Play Store > Copot pemasangan pembaruan > Oke
Pastikan koneksi internet Anda kuat dan stabil lalu buka aplikasi Play Store dan coba unduh kembali
Nah sekian informasi yang dapat Sundaku sampaikan. Semoga bermanfaat!!
Jangan lupa share artikel ini ke teman dan media sosialmu ya!!
Terima kasih.

No comments:
Post a Comment